September 27, 2010

Menikmati Eksotika Pantai Tambakrejo


Libur lebaran adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh siapa saja. Terutama bagi yang merayakannya. Selain bersilaturahmi bersama keluarga, saudara, dan tetangga, tradisi yang tak kalah meriahnya adalah berwisata. Banyak sekali objek wisata yang menjadi tempat favorit di kawasan Kediri dan sekitarnya. Nuansa yang ditawarkan juga beraneka ragam. Mulai dari wisata keluarga, wisata religi, ataupun wisata bahari.
Awalnya saya kebingungan untuk memutuskan kemana saya akan pergi. Akhirnya hari kelima lebaran, tepatnya tanggal 15 September Saya dan Kakak Sepupu memilih Pantai Tambakrejo sebagai tujuan wisata kali ini. Informasi mengenai pantai ini tak sengaja saya dapatkan dari salah satu teman saya. Berawal dari keisengan melihat album foto di salah satu situs jejaring sosial, saya langsung terpikat oleh eksotikanyai.
Pantai Tambakrejo memang tak sepopuler Pantai Pasir Putih ataupun Pantai Popoh di Trenggalek. Tak banyak orang yang tahu jika di daerah Blitar Selatan terdapat sebuah hamparan pantai berpasir putih yang indah nan mempesona.
Pantai Tambakrejo terletak kurang lebih 30 kilometer dari Kota Blitar, tepatnya di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto. Akses menuju lokasi awalnya memang cukup sulit jika anda tidak familiar dengan Kota Blitar. Jumlah petunjuk arah yang terbatas membuat saya kesulitan untuk mencari jalan yang harus dilalui. Untungnya, sekitar sepuluh menit arah selatan Kota Blitar, keberadaan pantai ini mulai terlacak.
                Akses menuju pantai begitu terpelihara. Didukung oleh permukaan jalan yang bagus dan lampu jalan yang memadai, pengendara baik roda dua dan empat memang serasa dimanjakan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah perlunya berkonsentrasi dalam berkendara. Ada beberapa tikungan tajam di perbukitan yang berbahaya. Jika anda lengah, nyawalah taruhannya.
Setelah lebih kurang 60 menit kami mengendarai motor, birunya lautan mulai nampak dari kejauhan. Pagi itu, kami menjadi pengunjung pertama yang menginjak hamparan pasir putih Pantai Tambakrejo. Suasana pantai masih nampak tenang dan bersahabat. Di tengah lautan terlihat perahu tradisional yang berbaris dengan rapi tanpa awak. Beberapa nelayan ada yang sedang menarik jala. Ada pula yang berjuang tanpa lelah mengayuh perahu kecil melawan ganasnya ombak pantai selatan.
Selain keindahan pantainya, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam lainnya berupa hutan karet yang berlokasi tak jauh dari pantai. Bagi anda yang menyukai fotografi, tempat ini menurut saya adalah salah satu tempat yang eksotik. Hamparan karang dan jernihnya air bisa dijadikan kombinasi objek jepret yang menarik.
Berenang bisa menjadi pilihan kegiatan lainnya selain berjemur, naik perahu, atau sekedar menikmati pemandangan. Jika anda ingin berenang, tak usah sungkan. Pantai ini memang terkenal dengan ombaknya yang tenang. Jadi anda tak perlu takut jika nantinya akan terjangan ombak.
Setelah basah berenang, pengunjung tak akan kesulitan untuk mencari tempat bilas atau ruang ganti. Di pantai ini, masyarakat beride kreatif membuka tempat bilas yang disewakan secara umum. Cukup merogoh kocek Rp 2000,00 anda akan kembali segar.Saat perut mulai keroncongan, ini dia aktivitas yang menjadi paling dinanti-nanti yaitu makan. Tak jauh dari tempat parkir kendaraan, beberapa ibu-ibu sibuk menjajakan ikan bakar lengkap dengan sambalnya. Ikan yang dibakar pun juga bermacam-macam. Salah satu yang menjadi andalan adalah ikan tongkol bakar.
Nah, mantab kan? Itulah sedikit gambaran tentang eksotika Pantai Tambakrejo. Jika anda belum pernah kesana, tak ada salahnya untuk mencoba.

5 comments:

Anonymous said...

IST PERTAMAXX YEAH
baru tau ada pantai tambakrejo ^^, akupun kurang suka dengan pantai. wah ceritanya jadi bocah petualang rek......^_^

Grandika Septia Primadani said...

yap. waduh, padahal pantai itu salah satu tempat favoritku. hehe. ya kebetulan pas liburan, kalo ga liburan jadi bocah sekolahan. haha.

Anonymous said...

saeng-il chukae ^^

✪╔╗╔╗╔══╗╔══╗╔══╗╔╗╔╗✪
✪║╚╝║║╔╗║║╔╗║║╔╗║║╚╝║✪
✪║╔╗║║╔╗║║╔═╝║╔═╝╚═╗║✪
✪╠╩╩╩╩╩╩╩╩╩══╩╩════╝║✪
✪║BIRTHDAY 19 GRAND ║✪
✪╚══════════════════╝✪

Anonymous said...

hoping you could tell the event fun in blogspot when your birthday

█▀▌▐█▀█▐█▀▌▐▀█▀▌█▌▐█░
█▀░▐█▀█▐█▀▄░▐█▌░▀▀▀█░
▄▄▄▄▄░▄▄░▄▄▄▄▄░▄▄▄▄█░
▀▀██▀░██░█▀█▀█░██▄▄░░
░░██░░██▐█▐█▐█░██▄▄▄▄

Anonymous said...

oh lupa, see your yahoo email soon!!!